7 Tempat Wisata Terbaik di Bantul yang Paling Hits (2022)

7 Tempat Wisata Terbaik di Bantul yang Paling Hits (2022)

Lagi nyari destinasi wisata seru di Bantul? Banyak kok pilihannya. Ada Pantai, Hutan Pinus, hingga Gumuk Pasir. Tertarik? Spesial buat kamu nih, kami siapkan rekomendasi yang bagus. Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terbaik di Bantul yang wajib kamu kunjungi.

1. Pantai Depok

Pantai Depok, Bantul (foto: instagram.com/mariyakahono/)
LokasiJl. Pantai Depok, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00—17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.500—Rp10.000.
Rating objek wisata4.3/5.0 – 11.253 ulasan Google.

Mau liburan ke pantai sambil menikmati keindahan pantai terutama saat sunset sambil menikmati lezatnya olahan seafood? Kalau iya, Pantai Depok bisa jadi destinasi wisata yang cocok untuk kamu kunjungi bersama teman atau keluarga.

Pantai Depok berada 1 deret dengan Pantai Parangtritis dan Gumuk Pasir Parangkusumo. Jadi, kalau kamu ke sini, kamu bisa sekalian berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Pantai yang memiliki akses bagus ini bisa dikunjungi dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun bus. Sesampainya di pantai, kamu akan menemukan area parkir yang luas dan gapura kalau kamu sudah sampai di Pantai Depok.

Memasuki area pantai, kamu akan menemukan banyak kapal nelayan yang berlabuh di area pantai. Tidak hanya itu, kamu akan menemukan banyak warung makan yang menawarkan olahan seafood yang bisa kamu nikmati di pantai.

Bagaimana dengan kondisi pantai? Kondisi di Pantai Depok cukup ramai. Selain kapal nelayan, ada spots foto hingga area untuk menggelar tikar dan bersantai sambil menikmati sunset.

Sayangnya, ombak Pantai Depok cukup besar. Karena itu, walaupun kamu bisa berenang atau bermain air di bibir laut, kamu tetap perlu hati-hati.

Karena daya tarik utama Pantai Depok adalah seafood, kamu bisa dengan mudah menemukan penjual hasil tangkapan nelayan. Jadi, pintar-pintar untuk melakukan tawar menawar dengan harga yang pas.

Oh ya, kalau kamu ingin ke Pantai Depok, ada beberapa tips yang bisa membantu kamu, yaitu:

  • Hindari berkunjung saat weekend atau hari libur.
  • Sebaiknya datang saat pagi atau sore hari.
  • Teliti saat membaca harga terutama setelah makan seafood.
  • Jangan lupa gunakan sunscreen dan bawa baju ganti.

Next yuk!

2. Puncak Becici

Puncak Becici, Bantul (foto: instagram.com/gregorious.manalu/)
LokasiGunungcilik, RT.07/RW.02, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00—22.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000.
Rating objek wisata4.5/5.0 – 15.307 ulasan Google.

Ingin liburan di tempat yang sejuk di sekitar Bantul terutama saat malam hari? Ada Puncak Becici yang bisa jadi tujuan destinasi.

Tempat yang berada sekitar 55 menit dari pusat kota Yogyakarta ini dikelilingi dengan pepohonan seperti pohon pinus. Jadi, sesampainya di sini, kamu bisa menikmati udara sejuk yang pas untuk refreshing bersama teman, kekasih atau keluarga.

Selain pohon pinus, ada apa saja di Puncak Becici? Ada beberapa daya tarik yang bisa kamu temukan di sini, di antaranya:

  • Spots foto dan spot view.
  • Coffee shop.
  • Camp ground.
  • Area outbound.
  • Sunset.

Puncak Becici buka dari pukul 08.00—22.00 WIB. Tidak sedikit pengunjung yang memilih untuk datang saat malam hari agar bisa berfoto dengan background Jogja dari ketinggian. Jadi, kamu seolah akan berfoto di atas bintang-bintang karena kelap-kelip lampu Jogja.

Kalau kamu capek, ada coffee shop yang bisa jadi tempat melepas lelah. Kamu bisa ngopi sambil menikmati keindahan kota Yogyakarta dari atas.

Lantas, apakah cocok untuk dikunjungi oleh lansia dan anak-anak? Cocok karena lokasi parkir yang tak jauh dari loket masuk. Tidak hanya itu, akses di area Puncak Becici pun sudah diperbaiki sehingga nyaman untuk kamu lewati.

Namun, jika kamu hendak ke sini, pastikan kendaraan dalam kondisi prima karena kamu harus melewati jalanan yang menanjak. Jadi, cek dulu kendaraan kamu ya.

Jadi, tertarik untuk liburan ke Puncak Becici?

3. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan, Bantul (foto: instagram.com/amitianice/)
LokasiSukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00—17.30.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000.
Rating objek wisata4.6/5.0 – 21.725 ulasan Google.

Tak jauh dari Puncak Becici, ada Hutan Pinus Mangunan yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, teman atau pasangan. Tempat dengan suasana sejuk ini memiliki banyak pohon pinus yang tinggi menjulang.

Hutan Pinus Mangunan termasuk kawasan resort pengelolaan hutan di Mangunan. Tempat yang dikenal juga dengan nama Hutan Pinus Imogiri ini memiliki kawasan seluas 500 Ha. Dengan area kawasan yang cukup luas, objek wisata ini menawarkan beberapa daya tarik, seperti:

  • Pepohonan pinus yang menjulang tinggi.
  • Spots foto dan jembatan buatan.
  • Adanya panggung alam yang biasanya dipergunakan untuk menggelar event seperti pentas musik.
  • Taman bunga.
  • Tempat penyewaan hammock.
  • Camping ground.

Bagaimana dengan kondisi secara menyeluruh dan aksesnya? Hutan Pinus Mangunan memiliki area parkir yang luas dan akses yang cukup baik.

Jadi bisa dikunjungi bersama lansia? Bisa, tapi ingat ya, kawasan Hutan Pinus Mangunan sangat luas dan ada tangga yang perlu dilewati. Jadi, lansia tetap bisa berlibur atau sekedar menikmati suasana sejuk di area yang tak jauh dari pintu masuk.

Kalau kamu tertarik untuk ke Hutan Pinus Mangunan, hindari saat peak season dan weekend ya. Ini karena Hutan Pinus Mangunan termasuk salah satu objek wisata favorit dan ramai dikunjungi. Jadi, kalau kamu benar-benar ingin healing atau sedikit menikmati suasana sejuk dan refreshing, hindari peak season.

Selain itu, pastikan kendaraan kamu dalam kondisi yang prima. Ini karena akses ke Hutan Pinus Mangunan cukup menanjak. Jangan lupa gunakan sandal/sneakers agar kamu tetap nyaman saat berjalan-jalan.

Yuk lanjut ke objek wisata selanjutnya!

4. Puncak Sosok

Puncak Sosok, Bantul (foto: instagram.com/suryojdb/)
LokasiJambon, Bawuran, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin—Jumat: 15.00—23.00 WIB.Sabtu: 06.00—23.00 WIB. Minggu: 06.00—00.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Sukarela.
Rating objek wisata4.6/5.0 – 9.930 ulasan Google.

Ingin menikmati pemandangan matahari terbenam dari ketinggian kota Bantul? Jika iya, Puncak Sosok bisa jadi pilihan yang tepat.

Puncak sosok sebenarnya merupakan tempat yang mengombinasikan antara tempat makan dan tempat untuk menikmati sunset. Tak heran jika Puncak Sosok memiliki waktu buka pukul 15.00 untuk hari Senin—Jumat.

Agar tidak bosan saat di Puncak Sosok, tempat ini menyediakan panggung untuk jamming. Biasanya, live musik diselenggarakan pada akhir pekan jika tidak sedang hujan. Kalau kamu tertarik untuk tampil di sini, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu ke pengelola.

Selain menikmati kuliner seperti jagung bakar, siomay hingga jeruk hangat di sini, kamu bisa berburu foto. Ada jembatan kayu di sebelah barat yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat foto. Uniknya apa? Uniknya, kamu bisa menjadikan gemerlap lampu kota Yogyakarta sebagai backgroundnya.

Tempat yang cocok dikunjungi oleh siapa saja ini, mulai dari teman hingga keluarga, menyediakan area lesehan kalau kamu ingin bersantai. Ada penyewaan tikar yang bisa kamu manfaatkan sehingga kamu bisa lebih menikmati suasana sekitar Puncak Sosok.

Kalau kamu berniat ingin ke sini, pastikan kondisi kendaraan baik ya karena kamu perlu melewati tanjakan yang cukup ekstrem. Pastikan juga kamu punya skill berkendara yang baik agar tetap aman sampai tujuan dan rumah.

Untuk parkir dan tiket masuknya, pengelola Puncak Sosok masih menerapkan sistem sukarela. Akan tetapi, pastikan kamu tetap memberikan harga yang pantas ya, misalnya untuk parkir.

Jadi, tertarik untuk ke Puncak Sosok, tempat wisata yang murah meriah di Bantul ini?

5. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger, Bantul (foto: instagram.com/_ati19_/)
LokasiJl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00—21.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000 per orang.
Rating objek wisata4.5/5.0 – 22.360 ulasan Google.

Ingin berwisata ke tempat yang buka dari pagi hingga malam hari? Jika iya, Hutan Pinus Pengger bisa jadi pilihannya karena tempat wisata ini buka pukul 08.00—21.00 WIB.

Memangnya, ada apa saja di sana? Sesuai namanya, Hutan Pinus Pengger memiliki daya tarik utama, yaitu deretan hutan pinus yang indah. Tidak hanya itu, tempat ini juga menawarkan daya tarik seperti:

  • Spots foto yang beragam.
  • Pemandangan malam kota Yogyakarta yang bisa jadi background foto kamu.
  • Playground.
  • Sunset.
  • Area camping dan pemasangan hammock.

Uniknya, ada jasa fotografer di Hutan Pinus Pengger yang bisa kamu sewa agar kamu memiliki foto kualitas HD. Untuk harga sewanya sendiri, tergantung dari jumlah foto yang kamu minta serta kemampuan tawar menawar yang kamu miliki. Per foto sekitar Rp4.000—Rp7.000 dan harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Lalu, bisakah tempat ini dikunjungi bersama keluarga? Kamu bisa berkunjung ke Hutan Pinus Pengger bersama teman hingga keluarga bahkan lansia sekalipun. Namun, tempat ini kurang ramah disabilitas.

Kenapa? Ini karena lokasinya di alam dan akses jalannya pun bergelombang. Jadi, akan kurang nyaman untuk penyandang disabilitas seperti yang menggunakan sepatu roda.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk ke Hutan Pinus Pengger? Kalau kamu hanya sebatas ingin menikmati suasana alam, kamu bisa ke sini di pagi hari. Sedangkan jika ingin melihat sunset dan keindahan kota Yogyakarta, kamu bisa ke sini sore atau malam hari.

Oh ya, untuk aksesnya cukup mudah tapi kamu harus melewati tanjakan tinggi jadi, perhatikan kondisi kendaraan dan skill berkendara.

Yuk next ke destinasi wisata selanjutnya!

6. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara, Bantul (foto: instagram.com/pantai_goacemara/)
LokasiJl. Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000 per orang.
Rating objek wisata4.4/5.0 – 15.040 ulasan Google.

Pantai Goa Cemara memiliki pemandangan alam cantik, terutama area pantainya. Di Pantai Goa Cemara ini, kamu bisa menikmati kesejukan pantai hingga berkunjung ke konservasi penyu.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan hal menarik berikut ini di Pantai Goa Cemara, di antaranya:

  • Berpiknik dengan menggelar tikar di bawah rimbunan pohon cemara.
  • Berfoto.
  • Menikmati sunset.
  • Melakukan pre-wedding.
  • Menikmati pemandangan landscape Pantai Goa Cemara dari ketinggian di mercusuar.
  • Menyewa wahana seperti ATV, jip hingga kuda.
  • Menonton hingga meliput kirap budaya yang biasanya diselenggarakan setiap tanggal 1 Muharram pukul 09.00 WIB di Dusun Patihan.
  • Camping dan melakukan outbound.

Karena berbagai kelebihan tersebut, tak heran jika banyak wisatawan menobatkan Pantai Goa Cemara sebagai salah satu pantai terbaik di Bantul.

Lalu, apakah pantai ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga? Iya. Kamu bisa liburan di Pantai Goa Cemara sendiri, bersama teman, komunitas bahkan keluarga sekalipun.

Sayangnya, tempat wisata yang memiliki area pantai yang cukup luas ini memiliki ombak yang besar. Kamu tidak diperkenankan untuk berenang di area laut. Tidak hanya itu, di Pantai Goa Cemara juga terdapat ubur-ubur beracun yang bisa menyengat sehingga kamu perlu hati-hati.

Jika pun kamu ingin berenang, ada area kolam renang yang bisa dipergunakan untuk anak. Fasilitas yang ada di Pantai Goa Cemara juga sudah lengkap, mulai dari parkir, toilet hingga kantor sekretariat. Jadi, kamu tetap bisa berwisata dengan nyaman dan aman.

For your information, jika kamu ingin camping atau mengadakan acara seperti outbound, kamu perlu menghubungi pihak pengelola.

Kalau kamu ingin liburan di Pantai Goa Cemara dan tidak suka dengan kondisi terlalu ramai, kamu bisa memilih liburan saat weekday. Hindari pula saat peak season dan weekend ya.

Next yuk!

7. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo, Bantul (foto: instagram.com/anggraiti/)
LokasiJl. Pantai Parangkusumo RT.1 Grogol 10, Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00—18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000 per orang.
Rating objek wisata4.5/5.0 – 8.288 ulasan Google.

Mau liburan yang berbeda dari yang lain? Kamu bisa mencoba sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Gumuk Pasir Parangkusumo berada di sekitar Pantai Cemoro Sewu dan Pantai Parangtritis. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai kegiatan menarik seperti:

  • Sandboarding.
  • Berfoto.
  • Naik jip dan berkeliling area sekitar Gumuk Pasir Parangkusumo.
  • Menikmati sunset.
  • Foto pre-wedding.

Jika kamu ingin mencoba sandboarding, ada tempat penyewaan sandboard dengan harga sewa sekitar Rp150.000 per papan. Dengan harga tersebut, kamu sudah mendapatkan pelindung siku dan helm sehingga aktivitas sandboarding pun tetap aman dan nyaman. Kamu bisa memilih jenis papan yang cocok dengan kamu, misalnya sesuai dengan tinggi badan agar kamu tidak kesulitan berselancar.

Lantas, apakah tempat ini bisa dikunjungi bersama keluarga? Bisa kok apalagi di Gumuk pasir Parangkusumo sudah dilengkapi dengan spot foto menarik.

Oh ya, karena area Gumuk Pasir Parangkusumo cukup panas, jangan lupa gunakan sunblock, sunscreen, baju panjang hingga payung ya. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat agar kamu tetap nyaman ya.  Untuk kunjungan terbaik, kamu sebaiknya berkunjung saat pagi atau sore hari, misalnya pukul 15.00 WIB untuk menikmati sunset.

Jangan lupa untuk membawa minuman sehingga kamu tetap terhidrasi saat sedang beraktivitas atau berkeliling di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Bagaimana dengan aksesnya? Aksesnya sangat baik dan kamu pun tak perlu melewati tanjakan atau turunan ekstrem untuk sampai ke sini.

Dari 7 pilihan wisata Bantul di atas, mana nih yang paling menarik minat kamu untuk destinasi liburan selanjutnya? Apa pun pilihan kamu, jangan lupa untuk tetap patuhi peraturan dari pengelola dan jangan buang sampah sembarangan ya. Oh ya, kalau kamu punya rekomendasi wisata Bantul lain yang apik dan sayang dilewatkan, tuliskan langsung di kolom komentar. Happy holiday!