Tips Membuat Kolam Renang di Rumah

Tips Membuat Kolam Renang di Rumah

Setelah mengetahui desain kolam renang rumah kekinian atau modern atau minimalis, sebaiknya perlu mengetahui tips pembuatan kolam renang dan bagaimana cara perawatannya. Berikut ini tips pembuatan kolam renang yang perlu diketahui.

Tips Pembuatan Kolam Renang di Rumah

1. Siapkan Lahan yang Ideal

Sebelum membuat kolam renang di rumah sebaiknya perlu mengetahui beberapa tips berikut agar kolam renang bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Diantaranya yaitu meskipun minimalis namun kolsm harus tetap ideal. Dalam hal ini buatlah kolam dengan bentuk memanjang dan persiapkan lahan setidaknya 8×2 m.

2. Pilih Sistem Pengairan Skimmer

Selain itu untuk pengairannya pilihlah sistem skimmer. Pada umumnya terdapat 2 sistem pengairan yaitu skimmer dan overflow. Pada sistem overflow sendiri membutuhkan alat sirkulasi yang disebut balancing tank. Untuk bisa bekerja, balancing tank membutuhkan lahan yang cukup luas. Hal ini agar dapat mengalirkan air sampai ke tepi kolam renang. Sedangkan skimmer tidak memerlukan peralatan tersebut sehingga lebih cocok digunakan pada lahan yang minim.

3. Tambahkan Tanaman Yang Tidak Mudah Rontok

Agar kolam renang semakin sejuk dipandang bisa ditambahkan dengan tanaman yang tidak mudah rontok sebagai penghias.

Hal ini bertujuan agar kolam tetap terjaga kebersihannya karena daun-daun tidak akan mudah rontok dan mengotori area kolam. Pilihlah tanaman sperti contohnya palem-paleman, tanaman dollar, maupun kalatela karena daunnya tidak mudah rontok.

4. Gunakan Material dengan Tekstur Kasar pada Permukaan Kolam

Kolam renang rumah tentu akan semakin cantik apabila diberikan material bertekstur kasar pada permukaan kolam sebagai penghias. Pemilihan material dengan tekstur kasar dimaksudkan agar tidak membahayakan pengguna ketika naik ke permukaan.

Jika memilih material dengan pelapis lantai yang licin dikhawatirkan akan membuat pengguna terpeleset atau bahkan jatuh. Untuk pilihan keramiknya bisa Anda cari di toko bangunan, keramik lantai kasar. Sementara itu, untuk motif motifnya bisa cek di dekadeko bagian motif keramik lantai.

5. Cek Kadar pH dan Tambahkan Klorin Secara Berkala

Kolam renang harus selalu dirawat agar selalu jernih dan bersih dan tidak menjadi sarang bakteri. Selain itu juga kadar Ph harus selalu dicek setidaknya seminggu sekali.

Pastikan bahwa kadar Ph adalah 7, angka tersebut merupakan kadar ph yang normal pada kolam. Jangan lupa tambahkan klorin setiap bulannya pada kolam renang. Klorin sendiri pada kolam renang sangat mempengaruhi kondisi air kolam renang, ketahanan material kolam maupun kulit penggunanya.


Pembersihan Kolam Renang

Kolam yang tidak atau jarang dibersihkan, akan terlihat kotor dan tidak terawat. Jadi jangan sampai kolam di rumah yang sudah dibuat dengan bentuk unik dan yang sesuai dengan lahan rumah dibiarkan tidak terurus. Berikut caranya:

1. Bersihkan Kolam Dari Sampah Dedaunan

Jika kolam dibuat di area outdoor pastilah akan ada sampah dedaunan atau ranting pohon yang masuk ke dalam air kolam.

Oleh karena ini bersihkan sampah dengan menggunakan jaring agar sampah dedaunan mudah diambil seluruhnya. Beri skimmer pada jaring agar kotoran-kotoran kecil lainnya dapat menempel saat dibersihkan.

2. Kuras Air Kolam

Setelah sampah dedaunan diambil menggunakan jaring, selanjutnya kuraslah air kolam. Lakukan pengurasan kolam renang satu minggu sekali agar kolam tetap terjaga kebersihannya.

3. Bersihkan Lantai Kolam

Agar kolam renang lebih bersih dan tidak licin cara membersihkan kolam di rumah yang harus dilakukan adalah membersihkan atau mengepel lantai kolam. Untuk membersihkan lantai kolam haruslah menguras air kolam terlebih dahulu sampai benar-benar habis.

Setelah itu pel dan sikat lantai kolam agar tidak licin dan berlumut. Jika lantai sudah berkerak  maka gunakan pembersih khusus untuk menghilangkan kerak.

4. Gunakan Larutan Pembersih

Kolam tidak perlu terlalu sering dikuras, jadi cara membersihkan kolam di rumah yang bisa dilakukan adalah menggunakan larutan pembersih.

Bisa menggunakan klorin atau kaporit untuk membersihkan air kolam sekaligus membunuh bakteri yang ada di dalam air kolam. Larutan ini sebaiknya ditebarkan pada saat sore atau malam hari agar lebih maksimal dalam membersihkannya.

5. Pasang Filter Air

Cara membersihkan kolam di rumah selanjutnya adalah pasang filter air. Dengan filter air ini kolam renang akan terjaga kebersihannya. Filter air ini berguna untuk melakukan penyaringan pada air kolam. Jika kolam sangat kotor biarkan filter air menyala selama 24 jam.

6. Gunakan Algasida

Biasanya kolam renang akan mudah ditumbuhi lumut hijau atau ganggang hijau yang membuat tampilan kolam menjadi tidak menarik dan licin.

Gunakanlah bahan kimia algasida untuk membersihkan ganggang atau lumut hijau yang tumbuh di kolam. Masukkan bahan kimia ini sebelum memasukkan larutan pembersih (kaporit).

7. Bersihkan Lantai Pinggir Kolam

Tidak hanya air kolam dan bagian dalam kolam saja yang dibersihkan, tapi bersihkan juga lantai pinggir kolam agar tidak licin dan berbahaya. Apalagi kolam yang berada di indoor usahakan tetap dijaga kebersihannya agar tidak berbahaya untuk anak-anak. Sebisa mungkin lantai pinggir kolam dalam keadaan kering, agar lebih aman.

8. Bersihkan Perosotan Kolam

Kolam yang memiliki perosotan harus dibersihkan juga agar tidak licin dan mudah berkarat. Sikatlah perosotan agar lumut yang menyebabkan licin pada perosotan hilang dan perosotan nyaman digunakan.

Semoga tips pembuatan beserta cara membersihkan kolam renang di atas berguna, ya!