Tempat Wisata di Banda Aceh

Tempat Wisata di Banda Aceh

Tak hanya memiliki tempat wisata sejarah yang mengagumkan, kalian juga dapat menikmati bentangan alam di Banda Aceh yang juga tak kalah memukau.

Banda Aceh sendiri merupakan ibu kota dari provinsi Aceh yang juga menjadi pintu gerbang ke arah daratan Sumatra yang ada di sisi utara.

Kota satu ini juga terkenal dikenal sebagai nama Serambi Mekah. Di mana kota ini juga menjadi tempat penyebaran agama Islam pertama yang ada di Nusantara. Konon kabarnya, Kesultanan Aceh juga masih menjadi bagian dari Kesultanan Turki Utsmani lho.

Bagi kalian yang tertarik untuk berwisata di sana, berikut kami berikan rangkuman tempat wisata di Banda Aceh yang wajib untuk kalian datangi.

1. Pantai Lampuuk

Pantai Lampur memberikan suguhan pantai yang sangat eksotis dengan pasir putih serta lautan yang berwarna hijau zamrud menawan.

Untuk pantai satu ini terletak di kawasan Lhoknga yang mana disana memiliki konservasi penyu sebagai area edukasi biota laut.

Di tempat wisata ini, kalian dapat mengerjakan beragam kegiatan seru, diantaranya seperti berenang, berselancar, berlayar dengan menggunakan banana boat, atau hanya sekadar berjalan – jalan di pasir yang lembut.

Harga Tiket: Rp3.000
Lokasi: Jl. Raya Lampuuk, Meunasah Lambaro, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Aceh.

2. Air Terjun Kuta Malaka

Apabila kalian sedang mencari wisata alam yang asri di kota Banda Aceh, maka kalian dapat mendatangi Air Terjun Kuta Malaka yang berada di Kecamatan Sukamakmur.

Air terjun satu ini memberikan suguhan keindahan lanskap yang masih alami nan asri, sebab jarang didatangi oleh banyak orang.

Selain itu, kalian juga akan turut disuguhi dengan kesegaran air terjun berpadu dengan panorama hijau sejauh mata memandang.

Untuk ke arah tempat wisata ini, kalian juga tak usah khawatir, sebab akses jalannya sudah sangat memadai.

Harga Tiket: Rp10.000
Lokasi: Lam Ara Tunong, Kuta Malaka, Luthu Lamweu, Kec. Suka Makmur, Kab. Aceh Besar, Aceh.

3. Museum Tsunami Aceh

tempat wisata di banda aceh 2021

Museum Tsunami Aceh adalah salah satu saksi pahit tragedi tsunami dahsyat yang terjadi pada tahun 2004.

Untuk museum satu ini telah dibangun dengan tujuan guna mengenang tragedi serta korban tsunami. Dan juga sekaligus untuk memberi edukasi terhadap masyarakat luas terkait bencana tsunami.

Dengan mengunjungi museum ini, kalian dapat memperoleh wawasan baru tentang kebencanaan.

Dikutip dari situs Meluncur.com, museum yang berada di Baiturrahman ini pun mempunyai arsitektur unik yang dapat membantu kalian seolah – olah mengalami tsunami secara langsung dengan adanya back sound gemuruh dari lautan serta air yang terpercik pada beberapa sudut.

Harga Tiket: Rp3.000
Loaksi: Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

4. Museum Rumah Cut Nyak Dien

Siapa di sini yang tak kenal dengan Cut Nyak Dien. Di mana sejarah hidup pahlawan perempuan yang berasal dari Aceh ini memang sangat dikenang masyarakat dengan diabadikan pada replika rumah museum.

Di tempat wisata sejarah satu ini, kalian dapat melihat secara langsung senjata yang katanya dipakai oleh Cut Nyak Dien untuk melawan penjajah.

Museum rumah Cut NYak Dien ini berada di Lampisang yang sangat terjaga dan berdiri kokoh. Hal tersebut memang disebabkan bangunannya sangat dirawat dengan baik supaya dapat dinikmati keindahannya sampai beberapa tahun mendatang.

Harga Tiket: Rp5.000
Lokasi: Lampisang, Kec. Peukan Bada, Kab. Aceh Besar, Aceh.