Makanan Khas Madura

Saat berkunjung ke Madura, apa sih yang pertama kali terbesit dalam benak Kamu? Apakah jembatan terpanjangnya, atau justru sate Madura yang super menggoda?

Ternyata, selain sate yang sudah tersebar di seluruh pelosok Indonesia, Madura juga memiliki sejumlah makanan khas yang tak kalah lezat.

Apa sajakah makanan khas Madura tersebut? Yuk cek daftarnya di bawah ini.

Daftar Makanan Khas Madura yang Bisa Ditiru

Beberapa kuliner khas Madura berikut sangat sayang untuk Kamu lewatkan saat berada di salah satu kabupaten di Jawa Timur ini.

1. Bebek Sungkem

Sesuai namanya, makanan khas Madura ini terbuat dari bebek. Tapi yang menarik dari olahan bebek ini adalah, cara pengolahannya.

Setelah dibersihkan, bebek akan dilumuri bumbu dari rempah-rempah khusus. Selanjutnya dibungkus dengan daun pisang, dan dikukus selama kurang lebih 3 jam.

Proses pengukusan yang relatif lama bertujuan agar daging bebek empuk hingga bagian dalam, dan bumbu bisa meresap sempurna.

2. Sate Lalat Pamekasan

Jika dilihat dari namanya, mungkin makanan tradisional ini cukup menggelikan karena menggunakan nama lalat. Tapi, begitu Kamu mencobanya, dijamin Kamu akan ketagihan.

Bumbu sate khas Madura yang disiramkan pada sate lalat membuat cita rasa khasnya begitu keluar.

3. Soto Madura

Di Indonesia, ada cukup banyak varian soto yang hadir dengan cita rasa dan keunikan masing-masing. Termasuk soto Madura yang menggunakan kentang goreng sebagai toppingnya.

Untuk isiannya sendiri ada ayam atau irisan daging, kecambah dan seledri yang disiram dengan kuah bening.

Mengenai makanan ini, yang cukup spesial yaitu soto dagingnya. Kami rekomendasikan buat kamu untuk mencoba resep soto daging sapi ini dan pastinya akan sangat berguna. Terlebih momen seperti idul adha akan segera tiba, jadi kamu bisa mulai mempelajari bagaimana cara membuatnya.

4. Topak Ladhe Bangkalan

Jika Kamu berkunjung ke Madura saat Idul Fitri, pasti akan menemui hidangan khas hari raya ini disetiap rumah-rumah warga.

Ya, makanan yang terbuat dari irisan daging, telur dan jeroan sapi ini selalu jadi teman makan ketupat lebaran di Madura.

Beberapa bahan utama tersebut kemudian dimasak dengan kuah santan merah hingga benar-benar empuk dan meresap.

5. Kaldu Kokot

Dalam bahasa Jawa, kokot memiliki arti tulang sapi. Jadi, jika dilihat dari namanya, kaldu kokot adalah makanan yang berupa kuah kaldu sapi.

Tapi dalam realitanya, kaldu kokot tidak hanya berupa kuah kaldu sapi, namun juga dicampur dengan kacang hijau yang membuat tekstur makanan khas Madura ini kental.

Biasanya, kaldu kokot akan disajikan dengan potongan tulang sumsum sapi dan nasi maupun lontong.

6. Tajin Sobih Bangkalan

Tajin sobin bangkalan adalah kuliner semacam bubur yang biasa dijajakan dengan ditanggung di atas kepala.

Penggunaan kata sobih sendiri diambil dari nama sebuah desa di Madura, yang merupakan asal makanan khas ini.

Untuk penyajiannya, para penjual biasa menggunakan daun pisang pincuk dan diberi tambahan topping seperti mutiara sagu, santan kental dan juruh gula jawa.

7. Rujak Corek

Teriknya siang hari di Madura tentu membuat lidah ingin menikmati kuliner segar dan asam. Nah, rujak corek ini bisa jadi pilihan kuliner yang tepat.

Berbeda dengan rujak pada umumnya yang menggunakan berbagai macam buah segar.

Rujak corek khas Madura justru hanya menggunakan mentimun yang dibuang bagian tengahnya. Kemudian diisi dengan bumbu rujak.

Biasanya rujak corek disantap dengan cara digigit langsung. Kamu juga bisa menyeruput kuah segar di dalamnya.

8. Lorjuk

Selanjutnya ada lorjuk, salah satu jenis kerang yang memiliki cangkang menyerupai bambu.

Seafood ini bisa diolah dengan cara digoreng krispi, dimasak tumis, atau dibuat ranggingang lorjuk dan lain sebagainya.

Selain bisa dijadikan cemilan, lorjuk paling nikmat disantap bersama lontong sayur khas Madura.

9. Nasi Serpang

Apabila kamu melihat tampilan dari menu ini, tak ubahnya seperti nasi campur pada umumnya. Memang, nasi serpang terdiri dari berbagai lauk mulai dari daging, kerupuk, sayur dan sambal.

Biasanya nasi serpang terdiri dari tahu putih yang digoreng, dendeng sapi, telur asin, krecek atau kulit sapi, peyek kacang dan sambel terasi.

Tak membutuhkan momen spesial, sajian ini bisa dihidangkan kapan saja. Baik itu saat sarapan, makan siang maupun makan malam.

Jika kamu sempat berada di daerah Bangkalan, jangan lupa untuk berburu makanan satu ini ya.

Bagaimana, sudah tidak sabar ingin menikmati semua makanan khas Madura di atas?

Menariknya, selain sate dan sederet kuliner lezat di atas, Madura juga masih memiliki banyak makanan menggoda lainnya ya. Jadi, yuk berwisata ke Madura dan jangan lupa untuk mencicipi seluruh sajian lezat di kota ini.