7 Makanan Khas Lampung yang Lezat dan Bikin Nagih

7 Makanan Khas Lampung yang Lezat dan Bikin Nagih

Lampung merupakan wilayah paling ujung Pulau Sumatera yang terkenal dengan Taman Nasional Way Kambasnya. Selain itu, tahukah kamu kalau Lampung juga terkenal sebagai penghasil pisang dengan kualitas tinggi, lho? Maka dari itu, rasanya kurang lengkap kalau berwisata ke Lampung tanpa mencicipi makanan khasnya. Nah, kira-kira, kuliner apa saja yang wajib kamu masukkan list “must be eaten” kalau ke Lampung? Berikut 7 makanan khas Lampung yang lezat dan bikin nagih:

1. Keripik Pisang Khas Lampung

Keripik Pisang Khas Lampung (kredit foto: instagram.com/keripik.kasep/)
Keunikan makananKeripik pisang lebih tebal tetapi tetap renyah saat dimakan
Cita rasa makananTersedia berbagai varian rasa, gurih dan renyah
Tempat beli makananToko Keripik Kurnia, Kedaton, Bandar Lampung
Harga makananHarga mulai Rp12.000

Karena terkenal dengan provinsi penghasil pisang terbaik, enggak afdhol rasanya jika berwisata ke Lampung tanpa mencicipi makanan satu ini, Keripik Pisang Khas Lampung. Ada banyak sekali varian keripik yang bisa kamu temukan, mulai dari Cokelat, Matcha, keju, strawberry, melon, dan lain-lain. Berbeda dengan keripik kebanyakan, keripik khas Lampung dipotong sedikit lebih tebal. Namun, meskipun begitu, camilan satu ini tetap punya rasanya yang gurih dan renyah.

Keripik ini sangat bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman, karena daya simpannya bisa bertahan hingga 1 bulan. Kalau ke Lampung, ada satu toko legendaris yang bisa kamu kunjungi, yaitu Toko Keripik Kurnia. Berlokasi di Kedaton, Bandar Lampung, toko oleh-oleh satu ini selalu ramai pengunjung.

Sebelum memutuskan untuk membeli, pengunjung bisa mencoba tester terlebih dahulu. Harga yang ditawarkan juga relatif murah, mulai dari Rp12.000 untuk ukuran keripik 120 gram. Selain keripik pisang, ada banyak oleh-oleh lain yang bisa kamu beli, seperti kopi khas Lampung, peci, sandal lampung, dan lain-lain.

2. Tempoyak

Tempoyak khas Lampung (kredit foto: instagram.com/patintempoyaktemerlohkelantan/)
Keunikan makananBau sedikit tajam, menggugah selera
Cita rasa makananAsam manis dan segar, serta wangi saat sudah bercampur bumbu
Tempat beli makananRumah Makan Ria, Engal, Kota Bandar Lampung
Harga makananRp32.000 hingga Rp65.000

Setelah seharian rekreasi ke berbagai pantai terbaik di Lampung, tentu kamu juga ingin menikmati makanan khas Lampung, bukan? Cobain Tempoyak khas Lampung, deh. Maknyus. Membayangkan makanan satu ini saja rasanya sudah ngiler. Hehe.

Tempoyak merupakan makanan yang berasal dari buah durian yang difermentasikan. Tempoyak dimakan dengan cara dimasak bersama ikan, teri, dijadikan pepes atau pindang. Agar lebih sedap dan gurih, kamu bisa mencampur tempoyak dengan berbagai macam bumbu seperti cabai, kemangi, serta rempah-rempah lain.

Bau tempoyak ini bisa menjadi pembangkit selera makan lho, apalagi kalau dipadukan dengan nasi hangat. Wah surga dunia. Rasanya sedikit asam namun sedikit manis dan segar, serta harum apabila sudah dimasak.

Salah satu tempat recommended untuk makan sajian tempoyak di Lampung adalah Rumah Makan Ria. Terletak di Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 9, lokasi rumah makan ini strategis, punya lahan parkir yang luas, serta karyawan yang ramah.

Kamu bisa mampir  bersama keluarga setelah seharian mengeksplorasi berbagai pantai terbaik di Lampung. Jangan khawatir, untuk harga bersahabat di kantong kok. Untuk ikan pepes tempoyaknya dimulai harga Rp32.000 hingga Rp65.000 saja.

3. Seruit

Seruit khas Lampung (kredit foto: instagram.com/ikanbakarasapsungkai/)
Keunikan makananIkan yang segar bercampur sambal tradisional, disajikan dengan berbagai lalapan
Cita rasa makananAsam, asin, dan segar menjadi satu, ditambah gurihnya daging ikan bakar atau goreng
Tempat beli makananRumah Makan Seruit HJ. Yohana, Kota Metro
Harga makananRp20.000 – Rp65.000 (porsi besar)

Seruit merupakan makanan khas yang bisa kamu temukan saat perayaan hari besar, momen acara keluarga, serta upacara adat. Seruit berupa sajian ikan bakar atau goreng yang dimakan bersama dengan aneka sambal tradisional, mulai dari sambal tempoyak, sambal terasi, hingga sambal mangga.

Adapun ikan yang menjadi ‘bintang utama’ sajian ini adalah ikan air tawar, seperti Lais, Baung, hingg Belida. Seruit disajikan bersama lalapan segar seperti timun, jengkol, kemangi, hingga petai.

Nyeruit merupakan salah satu aktivitas makan bersama yang melambangkan kebersamaan, sesuai dengan kebiasaan masyarakat lampung yang suka ‘sanjo’ atau bersilaturahmi. Cita rasa Seruit ini juga ramai di mulut, perpaduan antara asam, asin, dan pedas yang membaur jadi satu.

Untuk menikmati hidangan Seruit, kamu bisa mencoba “Rumah Makan Seruit HJ. Yohana” yang terletak di Jalan Raya Stadion No. 21, Kota Metro. Sajian Seruit di sini terbuat dari bahan-bahan yang fresh dan tidak amis, tekstur ikan lembut dengan aroma harum, serta tempat makan yang nyaman dan bersih. Jangan khawatir, harga yang dipatok pun sangat bersahabat, mulai dari Rp20.000 hingga Rp65.000 untuk porsi jumbo.

4. Umbu

Umbu khas Lampung (kredit foto: instagram.com/fi3_saltinah/)
Keunikan makananRotan muda yang dimasak sampai empuk
Cita rasa makananCenderung pahit, tapi nikmat dioseng pedas
Tempat beli makananDitemukan di acara tertentu, seperti acara adat dan acara keluarga

Hayo, siapa yang belum tahu kalau rotan muda bisa dijadikan sebagai hidangan yang lezat? Yap, makanan ini bisa didapatkan di Lampung, namanya Umbu. Layaknya humut atau umbut kelapa muda, bagian paling muda dari rotan diambil kemudian dicuci bersih dan direbus hingga teksturnya lunak.

Masyarakat Lampung biasanya mengolah Umbu menjadi sayuran oseng atau lalapan. Lebih nikmat kalau dicampur dengan berbagai rempah dan dimasak pedas.

Rasa Umbu ini sebenarnya cenderung sedikit pahit. Akan tetapi, rasa unik tersebutlah yang membuat ia digemari banyak orang. Sayang, sajian Umbu ini sudah susah ditemukan karena sulit mendapatkan rotan muda. Sehingga Umbu hanya bisa ditemukan dalam acara-acara adat atau acara keluarga.

5. Engkak

Engkak khas Lampung (kredit foto: instagram.com/dnsproject.photography/)
Keunikan makananTekstur Engkak lembut dan empuk, enak dijadikan sebagai sarapan
Cita rasa makananLegit dan gurih
Tempat beli makananToko Kue Legit Lampung, Kota Bandar Lampung
Harga makananRp123.000 – Rp140.000

Untuk kamu yang menggemari makanan manis, wajib banget mencoba kue khas Lampung yang bernama Engkak. Engkak terbuat dari campuran tepung ketan putih, telur, gula pasir, mentega, susu kental manis dan santan.

Cara membuatnya sama seperti bolu, semua bahan dicampur menjadi satu lalu dimasak dengan cara membuat lapisan-lapisan tipis. Membuat Engkak membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Karena kue harus dipanggang per lapisan, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Satu Engkak membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam.

Tekstur kue Engkak ini empuk dan legit serta sedikit gurih karena terbuat dari campuran santan. Karena proses pemanggangan Engkak yang lama, kue satu ini bisa bertahan lama, sehingga bisa banget dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Engkak juga cocok dan nikmat jika dijadikan sebagai sarapan, apalagi kalau ditemani secangkir teh hangat. Jika berkunjung ke Lampung, kamu bisa membeli Engkak di toko kue Legit Lampung yang berada di Jl. Tupai Kelurahan No.55, Kota Bandar Lampung.

6. Gabing

Gabing khas Lampung (kredit foto: instagram.com/troy363_/)
Keunikan makananBagian muda batang kelapa yang manis
Cita rasa makananManis alami dan gurih saat dicampur dengan santan
Tempat beli makananBisa ditemukan saat acara keluarga dan acara adat

Kalau sebelumnya ada Umbu –yang merupakan bagian muda rotan—kali ini kita akan membahas sayuran serupa yang disebut Gabing. Gabing merupakan bagian muda kelapa yang dimasak menggunakan santan.

Gabing termasuk dalam sajian tradisional, karena dahulu masyarakat Lampung sering menebang pohon kelapa. Nah, bagian muda batang kelapa itu dimasak menjadi sayur yang lezat.

Proses memasak Gabing juga mudah. Batang kelapa yang muda dipotong sesuai selera, lalu rebus sebentar agar empuk. Sayur yang sudah empuk nantinya ditumis bersama berbagai macam rempah, seperti cabe, bawang, serai, lengkuas, udang atau potongan ayam. Setelah harum, masukkan santan dan penyedap rasa.

Gabing mempunyai cita rasa manis alami dari umbut kelapa serta tekstur renyah yang mirip rebung. Saat dimasak bersama santan, Gabing akan terasa gurih dan wangi. Paling enak sih dimakan dengan nasi selagi panas. Wah, ngiler enggak tuh? Hehe.

Gabing ini tak hanya nikmat saat dijadikan lauk saja loh, ada banyak sekali kandungan yang terkandung di dalamnya. Satu porsi gulai Gabing bisa mengandung fosfor, serat, kalium, serta karbohidrat. Nikmat dan sehat dalam satu kali lahap!

7. Sate Ikan Tuhuk

Sate Ikan Tuhuk khas Lampung (kredit foto: instagram.com/rm.pondokuring/)
Keunikan makananTekstur padat, tidak amis, ikan berserat dan kenyal
Cita rasa makananDaging yang tebal, lembut dan manis
Tempat beli makananRumah Makan Kuring Krui
Harga makananRp20.000 – Rp50.000

Kok ikan bisa dijadikan sate? Nah, inilah uniknya kuliner Sate Ikan Tuhuk. Sate ini terbuat dari Ikan Blue Marlin atau dikenal dengan Ikan Tuhuk. Berbeda dengan ikan lain, Ikan Tuhuk mempunyai daging yang tebal, lembut dan juga manis.

Tekstur Ikan Tuhuk juga berserat dan kenyal, sehingga mirip ayam saat dibakar dan tidak akan hancur. Kuliner khas Lampung satu ini menjadi primadona di kalangan wisatawan lokal maupun asing. Saat dibakar, ikan ini tidak berbau amis seperti ikan pada umumnya.

Untuk bisa menikmati Sate Ikan Tuhuk, kamu harus pergi ke arah pesisir Barat Lampung, tepatnya di Rumah Makan Kuring Krui. Lokasinya strategis (dekat jalan masuk Bandara Taufik Kiemas).

Adapun harga sate kisaran Rp20.000 hingga Rp50.000 per porsi. Setelah puas mengeksplorasi berbagai pantai terbaik di Lampung, kamu bisa singgah di Pondok Kuring Krui untuk menyantap Sate Ikan Tuhuknya.

Terbayang tidak bagaimana lezatnya 7 makanan Khas Lampung di atas? Makanan tersebut belum tentu bisa kamu temui di daerah lain loh. Oleh karena itu, jika mengunjungi Kota Lampung, maka wajib banget untuk mencoba kuliner khas di atas. Bahkan, camilan seperti Engkak dan Keripik Pisang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.