Jenis-Jenis Artikel Website

Jenis Artikel Website

Di sekolah, kamu mungkin sudah belajar banyak tentang teks, terutama tentang bagaimana cara membuatnya dan apa saja jenis-jenisnya. Namun, pada praktiknya, pembuatan artikel website tidak sepenuhnya memperhatikan jenis teks yang dijelaskan semasa sekolah dulu. Jenis-jenis teks website berbeda dengan jenis teks yang dijelaskan di sekolah.

Untuk memaksimalkan pengembangan website, kamu perlu memahami jenis-jenis artikel. Bagaimanapun, artikel akan menjadi nyawa dalam sebuah website. Dengan belajar memahami jenis-jenis artikel, kamu bisa menentukan mana artikel yang cocok dengan websitemu dan mana yang tidak.

Sebuah website umumnya tidak hanya mempublikasikan satu jenis artikel tertentu. Mereka membuat artikel dengan berbagai jenis agar pembaca tidak bosan.

Jenis artikel apa saja yang ada di website? Mari simak selengkapnya penjelasan berikut.

1.     Artikel Definisi

Jenis artikel ini mungkin yang paling banyak kamu temui ketika membuka internet. Di era ini, jika tidak mengetahui informasi tentang sesuatu, orang-orang akan membuka internet untuk mencari tahu.

Sejalan dengan hal tersebut, artikel definisi berusaha memberi informasi sejelas mungkin kepada pembaca tentang pengertian sesuatu. Artikel jenis ini juga bisa dijadikan pilihan konten untuk website.

2.     Artikel Guides/How To/Panduan

Selain artikel pengertian, artikel-artikel guides atau panduan melakukan sesuatu juga sangat populer di website. Artikel seperti ini memberikan informasi step by step untuk melakukan sesuatu.

Sama seperti artikel pengertian, artikel guides juga banyak dicari oleh pengguna internet. Topik yang dibahas pun bisa beragam. Untuk meningkatkan jumlah pengunjung di website, kamu juga perlu membuat konten artikel guides yang lengkap dan detail.

3.     Artikel Review

Tak hanya toko online yang membutuhkan review atau penilaian jujur dari pembeli, website juga bisa menampilkan artikel review. Berbeda dengan review di marketplace, kamu perlu membuat struktur artikel yang lengkap ketuka menulis review untuk website.

Artikel review produk yang dimuat di website memberikan informasi yang lengkap tentang produk yang dinilai. Tak hanya berkaitan dengan kelebihan produk, tetapi juga kekurangannya. Jadi, pembaca akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang produk yang kamu nilai tersebut.

4.     Artikel Infografis

Karena lebih banyak orang lebih tertarik dengan gambar dibandingkan dengan tulisan, artikel infografis pun cukup populer belakangan ini. Artikel ini tidak hanya menyajikan tulisan, tetapi juga gambar berupa diagram atau flowchart.

Artikel infografis biasanya memuat data-data hasil penelitian. Agar data-data tersebut lebih mudah dipahami oleh pembaca, mereka menyajikannya dalam diagram atau tabel dengan sentuhan desain grafis.

5.     Artikel Cerita/Story Telling

Untuk mengemas suatu informasi agar lebih menarik untuk dibaca, kamu bisa membuat artikel cerita atau yang sering disebut sebagai story telling. Tantangan membuat story telling adalah kamu harus bisa membuat alur yang menarik.

Untuk memudahkan membuat story telling, kamu bisa menggunakan pengalaman pribadi. Sudut pandang-sudut pandang pribadi lebih berterima dan mudah dikembangkan daripada mengambil tokoh-tokoh fiktif. 

6.     Artikel Opini

Artikel opini memuat pendapat kamu tentang sebuah peristiwa atau kasus. Untuk membuat artikel ini, kamu perlu memiliki keahlian dalam menganalisis sesuatu. Berbeda dengan artikel review, artikel opini lebih banyak digunakan untuk konten-konten prediksi, hiburan, atau pernyataan sikap tentang isu populer yang sedang berkembang.

Teks ini bertujuan untuk meyakinkan pembaca tentang pendapat yang kamu sampaikan. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan riset yang benar agar pendapat kamu tidak menyesatkan para pembaca.

7.     Artikel Berita

Kamu mungkin sudah sangat populer dengan jenis artikel yang satu ini. Artikel berita umumnya kamu temui di koran atau majalah.

Seiring dengan perkembangannya, koran dan majalah saat ini kurang begitu dekat dengan masyarakat. Website menggantikan peran media cetak. Oleh karena itu, kini banyak muncul website-website berita.

Artikel berita menyajikan informasi terkini tentang sebuah peristiwa. Tujuan utama artikel berita adalah memberikan informasi terkini tentang sesuatu.

8.     Artikel Studi Kasus

Jenis artikel website selanjutnya adalah artikel studi kasus. Seperti namanya, artikel ini bukan hanya memuat hasil riset belaka, tetapi juga pengalaman penulis terhadap sesuatu.

Tujuan utama artikel studi kasus adalah memberikan informasi yang mendalam tentang suatu topik yang bisa dipertanggungjawabkan. Informasi-informasi yang disampaikan bisa memecahkan masalah sehingga bermanfaat untuk para pembaca.

9.     Artikel Wawancara

Seperti namanya, artikel wawancara adalah artikel yang memuat hasil wawancara. Kamu bisa juga membuat artikel wawancara untuk website.

Berbeda dengan artikel wawancara di berita, agar artikel yang dimuat di website lebih menarik untuk dibaca dan bermanfaat, tokoh yang diwawancarai adalah kunci.

Pastikan kamu memilih narasumber yang tepat, misalnya tokoh masyarakat atau orang yang berpengaruh di dalam masyarakat.

10.  Artikel Press Release

Press release jika diterjemahkan secara langsung berarti siaran pers. Artikel press release dalam praktiknya tidak seperti artikel berita, tetapi lebih ke artikel-artikel yang memuat kepentingan perusahaan.

Artikel press release umumnya dibuat umumnya dibuat untuk menyampaikan informasi terkini tentang sebuah perusahaan. Artikel ini diterbitkan dalam website untuk kebutuhan promosi atau branding.

11.  Artikel Daftar/Listicle

Artikel yang satu ini memuat informasi tentang sesuatu yang unik, lucu, atau menarik yang disajikan dalam bentuk daftar. Bisa juga berupa fakta-fakta yang belum diketahui oleh publik.

Artikel daftar umumnya sudah bisa dilihat dari judul. Di dalam judul, biasanya sudah tertera berapa daftar yang akan disajikan.

12.  Artikel Lucu/Meme

Kamu juga bisa lho membuat artikel-artikel lucu untuk pengunjung website. Konten-konten lucu yang belakangan ini masih diminati oleh masyarakat adalah meme atau gambar-gambar lucu. Tak hanya menarik, artikel dengan meme juga lebih banyak dibagikan. Kamu bisa memperkaya konten hiburan dengan meme.

Jenis-jenis artikel yang dijelaskan di atas bisa dijadikan sebagai artikel informasi atau promosi. Untuk memaksimalkan artikel website, kamu bisa menggunakan teknik-teknik penulisan artikel tertentu, misalnya copywriting.

Kemudian, agar maksimal di mesin pencari, kamu juga perlu menerapkan dasar-dasar SEO. Teknis SEO mampu mengoptimalkan kinerja website agar website kamu tampil di halaman utama mesin pencari.

Untuk mengembangkan website, kamu memang perlu pengetahuan yang luas tak hanya yang berkaitan dengan konten, tetapi juga hal-hal lain di belakangnya, misalnya SEO, UI, UX. Jadi, jangan lelah untuk belajar, ya!

Nah, untuk kebutuhan artikel yang kamu tak sempat untuk membuatnya sendiri, kamu bisa bekerja sama dengan penyedia jasa penulisan artikel. https://saungwriter.com/ adalah salah satu jasa penulisan artikel yang sudah memiliki kredibilitas. Kamu bisa mendapatkan artikel kualitas terbaik dengan harga yang tak begitu menguras kantong.

Itu dulu ya materi kali ini. Hari ini, kamu sudah belajar tentang jenis-jenis artikel. Perbarui terus pengetahuanmu tentang konten website dan pengembangannya, ya. Semoga bermanfaat!