Irama Sika : Pengertian, Sifat, Kegunaan, dan Tingkatannya

Irama Sika : Pengertian, Sifat, Kegunaan, dan Tingkatannya

Apakah Anda ingin mengenal salah satu ilmu seni baca Qur’an yaitu irama Sika? Ya, irama ini sangat diminati oleh banyak pembaca Al Qur’an. Meskipun bisa dibilang cukup sulit untuk melantunkannya namun bagi siapa saja yang ingin belajar maka bisa melantunkannya dengan indah. 

Nah, sebelum benar-benar belajar mengenai irama ini ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu mengenai pengertian, sifat, kegunaan, serta tingkatan yang dimiliki. Pastinya pemahaman yang baik akan membawa Anda dalam membaca Al-Qur’an dengan baik juga. 

Pengertian Irama Sika

Qori di seluruh dunia banyak yang melantunkan irama ini karena bisa dibilang sangat berkesan untuk ayat-ayat yang dilantunkannya. Sika sendiri merupakan sebuah irama dengan gerakan ringan, unik, dan bersahaja saat dibacakan dan memiliki perbedaan dengan irama lainnya. 

Biasanya untuk irama ini dimaksudkan untuk ayat-ayat yang menceritakan sebuah kisah kaum, nabi, kerohanian Islam, hari kiamat, dan lainnya. Jadi dapat dilihat bahwa untuk alunannya lembut yang dapat menusuk hati bagi pendengar. 

Riwayat seni baca Al-Qur’an ini berlangsung secara sederhana dan sudah turun-menurun dari generasi sebelumnya. Irama ini berasal dari wilayah Parsi yang sempat diubah oleh pakar lagu Arab sehingga alunan ini masih memiliki sebuah aliran mishri. 

Sifat dan Kegunaan Lagu Sika

Lagu sika memiliki sebuah sifat dan kegunaan sendiri yang sudah ada sejak awal diciptakan. Biasanya untuk sifat dan kegunaan ini sangat mempengaruhi hasil dari irama ini sendiri sehingga pendengar bisa menikmati sebuah irama yang didengarkan. 

  1. Sifat-Sifat Lagu Sika

Bersumber dari pesantrenterbaik.com, untuk sifat dari sika ini sendiri sebenarnya memiliki gerak lagu yang cukup lembut. Dengan mempunyai sifat yang lemah lembut tersebut maka alunan ini bisa menawan hati bagi yang mendengarkannya. 

Kemudian, untuk tingkatan suara yang sesuai menggunakan lagu sika ini adalah sebuah tingkatan suara yang lebih tinggi. Dengan begitu, suara yang tinggi bisa mencapai titik maksimal dari lagu ini namun untuk suara yang rendah tetap bisa melantunkannya dengan beberapa penyesuaian. 

  1. Kegunaan Irama Sika

Kemudian, terdapat beberapa fungsi yang dimiliki oleh lagu Sika ini sehingga membawa sebuah ketenangan bagi yang mendengarkannya. Ada beberapa fungsi yang bisa Anda ketahui seperti:

  • Bacaan yang disuarakan bisa terdengar lembut. 
  • Memberikan sebuah kepuasan batin bagi para pendengar dan bahkan bagi orang yang membacanya. 
  • Bisa disesuaikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an yang bertujuan untuk memohon sebuah petunjuk dan merayu Allah memohon ampunan. 
  • Dapat menambahkan sebuah seni tartil dengan sebutan kalimat dan ayat yang dibaca. 
  • Rasa khusu’ dan insyaf bisa tersampaikan kepada pendengar. 

Tingkatan Irama Sika 

Untuk praktiknya sendiri terdapat tiga tingkatan nada yang perlu diperhatikan oleh para pembaca yaitu Iraqi (nawa), Turki (jawab), dan variasi rami. Dengan begitu, irama ini akan sampai pada fungsi yang dimaksudkan untuk menentramkan hati.Bagaimana untuk irama Sika yang diberikan penjelasan di atas? Pastinya melihat fungsi dan kegunaannya Anda sebagai pembaca Al-Qur’an ingin mempelajarinya bukan?