Cara Screenshot Windows 10

Mengambil gambar pada layar atau screenshot merupakan hal penting diketahui. Banyak hal-hal penting yang dapat kita ambil dari layar komputer kita seperti chat, bukti transaksi dan lainnya. Dengan memiliki smartphone kita dapat menyimpan informasi tersebut dengan cepat dalam bentuk gambar.

Layaknya menggunakan smartphone, melakukan screenshot pada laptop atau komputer windows 10 juga dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kali ini kami ingin berbagi cara screenshot pada windows 10 dengan mudah.

Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Dengan Tombol PrtScn

Tombol PrtScn atau sering disebut tombol print screen, tombol ini biasanya terletak pada bagian kiri atas keyboard. Anda dapat menggunakan tombol ini untuk mengambil screenshot pada layar Abda yang sedang aktif.

Untuk melakukan screenshot dengan cara ini beberapa laptop membutuhkan kombinasi dengan tombol Fn.

Setelah menekan tombol di atas, masih ada langkah selanjutnya yakni Anda perlu membuka aplikasi pengolah gambar, salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah aplikasi Paint.

Silahkan buka aplikasi Paint kemudian klik kanan dan pilih paste, hasil gambar akan tampil pada layar kerja aplikasi Paint Anda. Namun perlu diingat bahwa hasil yang ditampilkan akan full, anda perlu memotong gambar tersebut sesuai kebutuhan Anda.

Windows + Shift + S

Cara selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan kombinasi tiga tombol yakni Tombol Windows, Shift dan S. Untuk melakukan screenshot dengan cara ini cukup mudah, Anda hanya perlu menekan ketiga tombol ini secara bersamaan.

Setelah muncul seperti gambar di atas, Anda bebas untuk melakukan seleksi bagian mana yang ingin Anda screenshot. Setelah selesai akan akan dibawa pada aplikasi Snip & Sketch untuk melakukan penyimpanan hasil screenshot tadi.

Snipping Tool

Cara screenshot pada laptop windows 10 selanjutnya adalah menggunakan aplikasi Snipping Tool. Ketika Anda menginstall dan melakukan aktivasi windows 10 aplikasi ini sudah ikut terinstall, bisa dikatakan Snipping Tool adalah aplikasi bawaan windows 10.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan diantara fitur yang disediakan oleh aplikasi ini adalah Anda dapat menentukan jenis pengambilan screenshot yang Anda inginkan seperti Free from-snip, Rectangular snip, Window snip, Full-screen snip.

Selain itu, setelah Anda mengambil screenshot, Anda juga dapat melakukan editing pada hasil screenshot seperti menambah tulisan, garis dan lainnya.

Game Bar

Selain digunakan untuk melakukan perekaman layar saat main game, aplikasi bawaan windows 10 ini juga dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot pada layar Anda. Untuk menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Anda cukup menekan tombol Windows+G untuk mengakses aplikasi Game Bar ini. 

Kemudian akan banyak tab menu, silahkan fokuskan pada bagian Capture dan Anda dapat mengambil screenshot secara langsung dengan fitur pada tab tersebut. Namun, sedikit kekurangan hasil screenshot akan langsung tersimpan tanpa adanya menu editing sebelumnya.

Lightshot

Cara mengambil gambar layar atau screenshot pada windows 10 yang terakhir adalah menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yakni Lightshot. Aplikasi ini dapat Anda miliki dengan gratis, Anda bebas menggunakan aplikasi ini.

Untuk menggunakan aplikasi ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi ini di website resmi Lightshot di https://app.prntscr.com/en/index.html. Setelah itu silahkan install aplikasi ini.

Setelah aplikasi sudah Anda install, Anda bisa mengatur shortcut untuk mengakses aplikasi ini caranya dengan klik kanan icon Lightshot di pojok kanan bawah, kemudian pilih Options.

Pilih tab Hotkeys kemudian pilih General hotkey, silahkan Anda buat shortcut sesuai keinginan Anda.

Nah, untuk melakukan screenshot Anda cukup menekan tombol keyboard sesuai dengan shortcut yang Anda buat. Anda dapat menentukan area yang ingin Anda screenshot. Selain itu terdapat juga menu editing dimana Anda dapat menambah tulisan, garis, shape dan lainnya. Anda juga dapat membagikan hasil screenshot kepada teman Anda hanya dengan sebuah link url.

Demikian beberapa cara screenshot pada laptop / komputer windows 10. Tentu masih ada banyak cara lain yang dapat digunakan untuk melakukan screenshot. Semoga ulasan kami diatas dapat bermanfaat ya!