Cara Menghitung Luas Bangunan dengan Tepat dan Akurat

Kalian yang sudah berkeluarga pasti ingin punya rumah untuk hunian keluarga. Kalian bisa membeli tanah kosong kemudian dibangun rumah, atau membeli rumah yang langsung bisa ditempati. Baik membangun atau membeli rumah yang sudah jadi, alangkah baiknya bila kalian paham cara menghitung luas bangunan. Kalau kalian mau membeli rumah, kalian bisa mencocokkan data yang tertera pada sertifikat tanah dengan luas bangunan sebenarnya.

Bagi kalian yang mau membangun rumah, mengetahui cara menghitung luas bangunan ini penting sekali. Hal ini akan memudahkan kalian dalam membuat desain menggunakan aplikasi desain rumah, menghitung anggaran material yang dibutuhkan, hingga mengurus administrasi seperti Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)

Menghitung luas bangunan tidaklah sulit, kalian bisa menggunakan salah satu dari 3 cara berikut:

1. Cara Menghitung Luas Bangunan Secara Manual

Cara pertama yang bisa kalian gunakan untuk menghitung luas bangunan adalah dengan menghitung manual menggunakan rumus matematika. Kalian tentu sudah falimiar dengan berbagai rumus matematika. Bila dulu hanya sebatas belajar di kelas, sekarang saatnya untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Sebelum mulai menghitung luasnya, lihat terlebih dahulu bentuk tanah atau bangunan yang ingin kalian hitung. Apakah tanah/bangunannya berbentuk persegi, persegi panjang, trapesium, jajar genjang, segitiga atau yang lainnya. Setelah mengetahui bentuk tanah/bangunannya, kalian bisa mengukurnya untuk kemudian dihitung luasnya menggunakan rumus luas bangun datar.

Kami beri contoh untuk bangunan yang berbentuk persegi panjang. Jika bangunan dengan panjang 12 meter dan lebar 18 meter, maka luas bangunannya adalah 216 meter. cara menghitungnya adalah:

Luas (L) = Panjang (P) x Lebar (L) = 12 m x 18 m = 216 m2

Contoh lain untuk bangunan berbentuk trapesium. Trapesium ini termasuk bangun datar yang tidak beraturan. Jadi cara menghitung luasnya sedikit lebih rumit. 

Sebagaimana kalian ketahui rumus bangun datar trapesium adalah ½ x Jumlah Rusuk Sejajar x Tinggi. Jika panjang rusuk 14 meter dan 17 meter, sedangkan tingginya 16 meter, maka cara menghitungnya adalah:

Luas = ½ x Jumlah Rusuk Sejajar x Tinggi

Luas = ½ x (14 m + 18 m) x 15 m = ½ x 32 m x 15 m = 240 m2

2. Cara Menghitung Luas Bangunan dengan aplikasi AutoCAD

Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti sekarang. Banyak pekerjaan yang awalnya manual tergantikan oleh teknologi yang serba otomatis, salah satunya menghitung luas bangunan. Kalau dulu cara menghitungnya manual dengan rumus matematika, sekarang ada aplikasi AutoCAD yang bisa memudahkan kalian dalam menghitung luas bangunan.  Dengan aplikasi AutoCAD, pekerjaan menghitung luas bangunan jadi lebih cepat dan akurat. 

AutoCAD adalah aplikasi desain untuk menggambar 2D dan 3D. Bila ingin menggunakan aplikasi AutoCAD, kalian harus berlangganan mulai dari harga $210 perbulan atau bisa juga langganan pertahun dengan harga $1,690. Bila ingin aplikasi yang gratis  kalian bisa coba DraftSight. Meski gratis fiturnya tidak kalah dari aplikasi berbayar.

Sekarang kita masuk pembahasan cara menghitung luas bangunan menggunakan aplikasi AutoCAD. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah 1 : Menggambar denah bangunan yang akan kalian hitung luasnya. Untuk aplikasi AutoCAD, kalian tidak bisa menghitung denah yang tidak beraturan atau terlalu banyak lekukan. Bila terlalu banyak lekukan hasilnya tidak akan akurat.
  • Langkah 2 : Selanjutnya klik garis yang telah digambar tadi, nanti garisnya berubah menjadi garis putus-putus.
  • Langkah 3 : Lakukan perintah “polyline” atau “PL” pada command, lalu tekan enter.
  • Langkah 4 : Langkah selanjutnya membuat garis yang mengelilingi bangun yang akan dihitung. 
  • Langkah 5 : Lakukan perintah “List” atau “Li” pada command, lalu tekan entar. 

Setelah langkah kelima, akan keluar jendela baru yang menampilkan luas tanah/bangunan serta titik koordinat yang baru saja kalian gambar. Bila inging menggunakan aplikasi AutoCAD, sebaiknya kalian sering mencoba fitur-fitur yang tersedia agar tidak bingung ketika menggunakannya.

Dari 2 cara menghitung luas bangunan tersebut, kalian lebih nyaman menggunakan cara manual atau bantuan aplikasi? Boleh tulis pendapat kalian di kolom komentar.