Cara Membuat Instagram Music

Cara Membuat Instagram Music

Memang sudah lama Instagram (IG) memberitahu publik bahwa akan ada fitur musik di dalam story. Dulunya fitur tersebut baru dirilis pada beberapa negara saja, misalnya saja negara-negara di benua Eropa dan Amerika.

Jadi dulu kalian harus menggunakan VPN untuk bisa menikmati layanan Instagram Music tersebut. Namun sekarang sudah tidak memerlukan aplikasi VPN lantaran Instagram sendiri sudah meluncurkan fiturnya secara global dan tentunya bisa dinikmati pengguna yang dari Indonesia.

Akan tetapi banyak pengguna Instagram (seperti kalian) yang masih bingung dengan cara membuat Instagram Music. Alasannya karena fitur tersebut masih tergolong cukup baru dikalangan pengguna IG di Indonesia.

Nah, kebetulan kami telah merangkumkan pembahasan tersebut yang bisa kalian lakukan sendiri. Tapi sebelum masuk ke langkah-langkahnya, kalian perlu mengenal lebih jauh dulu tentang Instagram Music.

Apa itu Instagram Music?

Instagram Music adalah sebuah fitur yang bisa digunakan untuk menambahkan lagu ke story kalian dengan durasi 15 detik. Tak hanya musik, nantinya bakalan tersemat lirik dari musik yang kalian gunakan, lho.

Fitur ini bisa didapat ketika kalian memperbarui Instagram dan fiturnya terletak pada saat kalian sedang edit story. Selain itu, fitur Instagram Music juga ditemukan dalam menu Stiker, nanti ada tulisan “MUSIC”. Nah jika itu diklik, nanti kalian dapat menambahkan music ke dalam story kalian.

Untuk membuatnya kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini ya.

Cara Membuat Instagram Music di Story

Dikutip dari situs teknologi Indonesia Wantek.ID, berikut ini langkah-langkah untuk membuat Instagram Music sekaligus mengunggahnya ke Story:

Langkah 1: Update Instagram, jika sudah jalankan aplikasi Instagram kalian.

Langkah 2: Tambahkan story dalam bentuk video/foto (sesuaikan kebutuhan kalian saja ya). Namun saran kami adalah dengan menambahkan video agar nantinya video tersebut menjadi latar belakang yang terkesan aestethic.

Langkah 3: Ketuk ikon Stiker, ikonnya bergambar emot Senyum berbentuk kotak dengan lipatan kecil disudut kanan bawahnya.

Klik Ikon Stiker Instagram

Langkah 4: Nanti bakalan muncul pilihan stiker lengkap, disini kalian cukup memilih stiker bertuliskan “MUSIK”.

Klik Stiker Musik

Langkah 5: Cari musik favorit kalian di menu “Untuk Anda” maupun “Jelajah”. Tapi jika dirasa musik favorit kalian tidak direkomendasikan disana, mendingan cari judul musiknya melalui kolom “Cari Musik”.

Cari Musik Favorit

Langkah 6: Setelah menemukan musik favorit, kemudian ketuk judul lagu tersebut lalu masuk ke pengeditan soundtrack dan tulisan lirik. Disini kalian hanya perlu menyesuaikan soundtrack dan liriknya sesuai dengan kebutuhan. Jadi tingkat kekreatifan kalian disini diuji 😅.

Kustomisasi Instagram Music

Langkah 7: Jika dirasa sudah cukup melakukan kustomisasi, kalian dapat menekan tombol Centang yang letakknya berada di sudut kanan atas.

Langkah 8: Sekarang kalian dapat melihat dengan jelas tulisan lirik lagu yang kalian pilih tadi sekaligus musik yang berputar otomatis mengiringi berjalannya lirik lagu.

Story Instagram Musik Siap Dibagikan

Langkah 9: Terakhir, kalian bisa mempublikasikan story music tersebut kepada pengguna Instagram lain. Tentunya membagikannya melalui story Instagram kalian ya.

Catatan: Sebagai informasi saja bahwa musiknya kan cuman berjalan 15 detik saja, jadi saat durasi sudah mencapai batasnya maka musik tersebut akan mengulang-ulang terus, atau istilahnya Repeat.

Tidak hanya dibagikan melalui story saja sih, kalian bisa membagikan Instagram Music tersebut ke perorangan. Misalnya teman dekat kalian di Instagram atau pengguna lain yang dirasa kalian itu kenal.

Jadi, hanya seperti itu saja cara membuat Instagram Music sekaligus mengunggahnya ke story. Nah, jika dirasa pembahasan ini bermanfaat, kalian diperbolehkan untuk membagikan pembahasan ini kepada teman-teman kalian melalui media sosial yang dimiliki.