Cara Membuat Hotspot di Laptop

Cara Membuat Hotspot di Laptop

Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah hotspot, tapi tahukah Anda cara membuat hotspot di laptop? Karena kebanyakan orang hanya tahu cara membuatnya di smartphone.

Hotspot adalah fitur pada perangkat elektronik untuk menyebarkan koneksi internet. Sehingga Anda bisa berbagi koneksi dengan orang lain seperti misalnya berbagai pada teman maupun keluarga.

Biasanya fitur hotspot digunakan pada smartphone sehingga orang lain bisa menggunakan data selular Anda. Namun, ternyata laptop ataupun PC juga bisa digunakan sebagai hotspot layaknya smartphone.

Cara Membuat Hotspot di Laptop

Dengan adanya hotspot, Anda bisa berbagi koneksi internet dengan orang lain. Hal ini tentu sangat berguna seperti jika sedang bermain game atau mengerjakan tugas bersama.

Namun banyak orang khawatir untuk menyalakan hotspot menggunakan smartphone. Sebab pemakaian internet bisa sangat besar sementara data di smartphone cenderung terbatas. Berbeda dengan internet pada laptop yang biasanya unlimited.

Nah, agar Anda bisa menghemat data, Anda bisa menggunakan hotspot yang tersedia pada laptop atau PC. Untuk itu berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membagikan koneksi internet melalui laptop atau PC.

1. Lewat Hotspot Mobile

Seiring perkembangan teknologi, fungsi yang terdapat di dalam laptop dan PC juga ikut berkembang. Salah satunya adalah adanya fitur hotspot mobile. Dengan fitur ini, Anda bisa memanfaatkannya melalui cara membuat hotspot di laptop.

Fitur ini tempatnya berada di bagian network pada taskbar. Jadi ketika Anda klik pada ikon network di taskbar, akan muncul tiga tab. Ketiga tab tersebut adalah Wi-Fi, Airplane mode dan hotspot mobile.

Jika sudah muncul seperti itu, maka Anda bisa memilih opsi Hotspot Mobile untuk menyalakan hotspot di laptop. Cara ini kami kutip dari salah satu situs teknologi terpercaya, Thelastsurvivors.

Namun ada beberapa syarat yang diperlukan untuk menggunakan fitur ini. Pada PC, pastikan Anda menggunakan Tp-Link yang sudah mendukung hotspot. Pada laptop, pastikan sudah mendukung fitur berbagi hotspot.

2. Menggunakan Baidu Wifi Hotspot

Menggunakan fitur hotspot mobile bukanlah satu-satunya cara untuk berbagi koneksi melalui laptop atau PC. Sebab Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti Baidu Wifi Hotspot.

Cara menggunakan aplikasi ini juga sangatlah mudah. Anda hanya perlu memasang aplikasi Baidu Wifi Hotspot ke dalam laptop. Selanjutnya cukup buka aplikasi Baidu Wifi Hotspot tersebut.

Aplikasi tersebut akan secara otomatis membuat hotspot yang bisa terhubung dengan perangkat lain. Sehingga smartphone ataupun laptop milik orang lain juga bisa terkoneksi dengan internet.

Anda bisa mengubah nama serta mengatur password dari hotspot agar tidak ada orang yang mengaksesnya tanpa izin Anda. Anda juga bisa melihat siapa saja yang terhubung melalui aplikasi ini.

Internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Karena berbagai pekerjaan saat ini hanya bisa dilakukan jika perangkat terhubung ke internet. Untungnya saat ini berbagai perangkat sudah bisa saling berbagi koneksi.

Yaitu dengan menggunakan fitur hotspot yang tersedia di dalam perangkat. Tidak perlu bingung mengenai cara membuat hotspot di laptop karena Anda bisa melakukannya dengan cara yang telah kami sampaikan.