Cara Melakukan Screenshoot di PC

screenshoot di pc

Pada beberapa kesempatan kita dituntut untuk melakukan capture atau screenshoot pada layar PC atau laptop. Namun sebagian orang barangkali bingung atau tidak tahu bagaimana cara melakukan screenshoot di PC. Nah pada tulisan yang singkat ini, kami akan membahas langkah-langkahnya.

Terdapat banyak sekali cara untuk melakukan screenshoot, pada perangkat windows sendiri sudah disediakan aplikasinya, yaitu sniping tool.

Namun, apakah ada aplikasi lain di luar sana yang bisa digunakan untuk screenshoot di PC? Tentu saja sangat banyak, seperti yang telah dibahas oleh Imaji pada tulisan yang berjudul aplikasi screenshoot PC, yang mana tulisan tersebut merekomendasikan aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk screenshoot.

Screenshoot di PC dengan Snipping Tool

Snipping tool ini hanya tersedia untuk komputer dengan sistem operasi windows, baik itu windows 7, 8 ataupun 10. Secara default, dari sananya telah disediakan. Windows dalam hal ini sangat pengertian sekali, dimana para penggunakan akan membutuhkan tool ini.

Snipping tool sangat membantu sekali, terutama bagi Mahasiswa Ilmu Komputer, yang seringkali mereka melakukan screenshoot untuk kebutuhan praktikum, ujian, tugas, ataupun skripsi.

Menggunakan sniping tool sangatlah mudah, kamu cukup mencari aplikasi ini di kolom search windows. Apabila sudah ketemu, silahkan buka.

Terdapat beberapa pilihan, diantaranya;

  • Screenshoot layar keseluruhan
  • Berbentuk kotak
  • Free

Screenshoot secara keseluruhan memungkinkan kita untuk menangkap atau mengambil layar secara keseluruhan, jadi kita tidak perlu lagi mengatur, karena secara otomatis, aplikasi akan menangkap layar dengan penuh.

Nah, screenshoot dengan berbentuk kotak ini adalah yang sering dilakukan, sebab kita dapat mengatur bagian mana saja yang perlu untuk dilakukan. Baik dalam kebutuhan tugas kuliah atau kebutuhan lain, kita seringkali menggunakan ini. Dengan ini, kita memungkinkan untuk melakukan screenshoot pada bagian tertentu yang kita inginkan.

Free screenshoot sangat jarang sekali digunakan, biasanya menghasilkan gambar yang tidak beraturan, dan sulit untuk digunakan, sebab kita tidak bisa mengatur konsistensi pada tangan, terkecuali jika kita menggunakan pen tool pada laptop layar sentuh.

Setelah kamu mendapatkan hasil screenshoot yang diinginkan, selanjutnya kamu harusnya menyimpan filenya. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan klik kanan kemudian tekan save, atau langkung klik save as.

Saat melakukan save, akan ada jendela windows baru, kita tinggal beri nama file tersebut, tujuannya tentu saja supaya tidak bingung ketika kita ingin mencari filenya.

Seluruh gambar yang dihasilkan oleh snipping tool memiliki format png, apabila kamu ingin merubah kedalam format lain, dapat melakukan convert menggunakan aplikasi, baik itu aplikasi online ataupun aplikasi ofline. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi online maupun offline yang bisa kamu gunakan.

Screenshot di PC dengan Printscreen

Apakah kamu sudah tahu bahwa semua perangkat laptop dan komputer terdapat tombol printscreen pada keywordnya. Namun sayangnya tidak semua komputer dapat melakukan itu, terkadang ada beberapa lapot atau komputer yang terkendala, entah itu karena pengaturan atau masalah lainnya.

Namun yang jelas tombol terebut dapat kita manfaatkan untuk melakukan screenshoot, dengan syarat ya berfungsi. Kemudian bagaimana jika tombolnya tidak berfungsi? harus diperbaiki terlebih dahulu agar bisa digunakan.

Gambar yang dihasilkan dengan metode ini tidak bisa kita atur sesuai kemauan, karena ketika kita menekan tombol, maka layar secara keseluruhan akan tertangkap.

Cara menggunakannya cukup mudah, yang perlu kamu lakukan adalah membuka atau menyiapkan gambar yang ingin ditangkap, setelah itu langsung saja tekan tombol printscreent pada keyboard, biasanya tombol ini bertuliskan prtsc. Hasil gambar akan langsung secara otomatis tersimpan di folder picture.

Mudah bukan, selamat mencoba.