Belajar SEO Website untuk Bisnis Online yang Menjanjikan

Belajar SEO Website

Di dunia digital, kehadiran website sangat penting. Website yang teroptimasi dengan SEO berpotensi meningkatkan omset jualan Anda. Oleh karena itu, Penting bagi pebisnis untuk belajar SEO website. Anda bisa menggunakan website untuk media digital marketing.

Kunci utama dalam mengelola dan mengembangkan website adalah menarik pengunjung untuk datang ke website Anda. Semakin banyak pengunjung yang datang, Anda pun memiliki peluang untuk mengumpulkan keuntungan yang berlipat.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara agar website Anda memiliki banyak pengunjung? Jawaban dari pertanyaan ini adalah SEO.

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization. Secara sederhana, teknik SEO ini digunakan untuk membuat website Anda bisa tampil di halaman pertama mesin pencari.

Bagi pemula, konsep SEO ini mungkin agak sedikit rumit untuk dipahami. Terlebih, pengetahuan tentang SEO ini berkembang terus dari waktu ke waktu. Seperti yang kita ketahui bersama, algoritma mesin pencari, baik Google atau Bing selalu diperbarui secara berkala.

Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan teknik SEO yang dipakai dengan perkembangan Google.

Sekali Anda terjun ke dunia SEO, Anda harus terus memperbarui pengetahuan Anda agar teknik SEO yang diterapkan efektif.

Bagaimana cara efektif memulainya? Mari kita belajar dari hal sederhana berikut.

Konsep Dasar SEO yang Wajib Dipahami

Untuk mempelajari SEO, Anda harus paham Google dan mesin pencari lainnya. Di Indonesia, mesin pencari yang paling kita kenal adalah Google. Namun, masih banyak mesin pencari lainnya, seperti Bing, Yahoo, atau Naver.

Di sini, Anda harus paham bahwa mesin pencari adalah produk layanan. Tujuan utama mereka adalah memberikan layanan terbaik agar pengguna puas dan terus menggunakan mesin pencari tersebut.

Di sisi lain, kita sebagai pengguna ingin mendapatkan jawaban terbaik atas kata kunci yang kita masukkan di mesin pencari. Ada algoritma tertentu yang dipakai mesin pencari untuk menentukan website mana saja yang masuk kategori terbaik. Website tersebut akan diletakkan di halaman pertama.

Dalam proses belajar SEO wordpress, Anda akan mencoba memahami algoritma yang dipakai oleh mesin pencari, terutama Google.

Oh iya sebelum lanjut, jika anda masih pemula yang mau belajar membuat website, anda bisa belajar di blog Om Baldan di https://ombaldan.id . Ini salah satu Blog yang juga rutin berbagi tips-tips seputar website yang diperuntukkan bagi pemula.

Oke lanjuut..

Jadi, yang menjadi inti dari adalah menjadikan website Anda di posisi utama untuk kata kunci tertentu.

Apa saja yang perlu Anda perhatikan? Konten yang berkualitas adalah kunci. Konten yang berkualitas yang dioptimasi dengan baik memungkinkan untuk tampil di halaman pertama mesin pencari. Anda bisa memulainya dengan memahami hal dasar berikut.

Riset Kata Kunci

Salah satu tugas dasar dalam teknik SEO adalah riset kata kunci. Anda harus tahu bagaimana menemukan niche website dan kata kunci-kata kunci yang mendatangkan banyak pengunjung.

Kata kunci berkaitan dengan tema utama website yang Anda kelola. Pertimbangkan website seperti apa yang ingin Anda kembangkan. Setelah itu, mulailah untuk mencari kata kunci yang sesuai dengan tema utama website.

Ada banyak cara untuk menemukan kata kunci potensial. Anda juga bisa memanfaatkan tools yang ada. Tools yang paling sederhana adalah Google Keyword Planner.

Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam riset keyword, yakni search volume, keyword difficulty, dan keyword relevance.

Pertama-tama, Anda harus mampu menemukan kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi. Lalu, keyword difficulty berkaitan dengan seberapa susah persaingan dengan website-website lainnya. Terakhir, kata kunci juga harus relevan. Anda bisa mengeceknya melalui analisis SERP.

Optimasi Konten

Saat Anda memilih website sebagai bisnis online, Anda harus sepakat bahwa konten yang baik adalah hal utama dari bisnis Anda. Konten inilah yang akan Anda sajikan kepada pelanggan. Dalam hal ini, Anda harus menyajikan konten yang berkualitas.

Lalu, agar konten yang berkualitas tersebut bisa sampai di tangan pembaca, Anda harus mengoptimasinya. Konten yang bagus tanpa optimasi yang tepat sangat susah untuk sampai ke hadapan pengunjung.

Konten dan SEO adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Anda harus membuat sinergi yang baik antara keduanya agar website yang Anda kembangkan bisa menjadi bisnis online yang menjanjikan. Bagaimana caranya?

Langkah pertama, Anda bisa mengidentifikasi topik dan menyusunnya menjadi sebuah konten yang berkualitas. Sebelum di tahap pembuatan konten, Anda sudah melewati proses untuk mencari kata kunci-kata kunci yang potensial. Anda bisa membuat konten berdasarkan kata kunci tersebut.

Langkah kedua, Anda perlu mengorganisasikan konten-konten yang Anda buat. Jika memungkinkan, temukan hubungan antara konten yang satu dengan konten yang lainnya. Anda perlu menyisipkan internallink untuk memaksimalkan konten.

On-page dan Off-page SEO

Bagian ini mungkin akan menjadi hal yang paling rumit untuk kita yang masih pemula. On-page dan off-page SEO adalah hal teknis yang tidak bisa dipelajari dalam satu kali duduk. Anda harus memahaminya secara perlahan.

On-page SEO berkaitan dengan internal link, sitemaps, HTTPS, dan banyak hal teknis lainnya. Intinya adalah Anda akan mengoptimasi website supaya memudahkan pengunjung dalam mengeksplorasi website. Inti dari on-page SEO adalah agar pengunjung betah berlama-lama di website Anda.

Sementara itu, off-page SEO berkaitan dengan hal-hal di luar website Anda. Optimasi ini umumnya dilakukan dengan backlink atau link building. Teknik off-page SEO ini pun harus dilakukan dengan benar agar efektif dan tidak merugikan website Anda.

Belajar SEO website yang cukup susah mungkin terletak di sini. Oleh karena itu, seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda harus mempelajarinya pelan-pelan.

Jika perlu, Anda mungkin bisa mengumpulkan materi belajar SEO pdf untuk menguasai on-page dan off-page SEO yang sifatnya sangat teknis ini.

SEO Testing

SEO bukan pekerjaan sekali jadi. Jika Anda sudah menguasai hal yang sifatnya teknis maupun non teknis, pekerjaan Anda belum selesai. SEO adalah pekerjaan yang berkelanjutan.

Setelah berhasil mengoptimasi konten dan website dengan teknik SEO yang sudah dipelajari, Anda juga perlu melakukan penilaian. Anggap saja konten tersebut sebagai SEO testing. Anda perlu mengamati hasil kinerjanya di website Anda.

Untuk bisa melakukan optimasi secara efektif, Anda perlu mengetahui apa yang terjadi pada website Anda, misalnya apakah ada kenaikan atau penurunan performa. Angka-angka yang muncul pada Google Analytics adalah bahan penilaian yang harus Anda pelajari dengan baik.

Selain hal-hal dasar di atas, Anda masih harus mempelajari prinsip konten marketing. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, konten adalah raja untuk bisnis website. Artikel ini bisa dijadikan pembuka sebelum Anda mempelajari SEO secara lebih dalam.

Masih banyak konsep penting yang perlu Anda dalami dalam proses belajar SEO otodidak. Jangan berhenti belajar sebelum website Anda mendatangkan keuntungan, ya. Ingat, ilmu tentang SEO selalu berubah-ubah.

Anda harus terus memperbarui pengetahuan Anda terkait SEO supaya website Anda terus mendatangkan keuntungan untuk Anda. Belajar SEO website adalah ilmu yang berkelanjutan.