4 Teknik dan Cara Memancing Agar Dapat Ikan

4 Teknik dan Cara Memancing Agar Dapat Ikan

Saat memasuki hari libur, sebagian dari Anda mungkin akan memutuskan untuk berlibur atau sekedar menjalankan hobi di luar yang tidak bisa dilakukan saat weekdays.

Ya, beberapa hobi atau aktivitas menyenangkan memang tidak bisa dilakukan di dalam rumah, seperti memancing.

Terlebih jika Anda hobi memancing di alam, tentu waktu memancing harus direncanakan jauh-jauh hari agar persiapan yang dilakukan bisa maksimal.

Selain itu, Anda juga harus paham bagaimana cara memancing agar dapat ikan. Sehingga upaya Anda untuk pergi ke lokasi pemancingan tidak sia-sia.

Teknik dan Cara Memancing Agar Dapat Ikan

Ikuti teknik dan cara berikut agar Anda bisa mendapatkan banyak ikan saat memancing.

1. Pilih Reel, Joran dan Senar

Sebelum memutuskan untuk memancing, pastikan Anda sudah memiliki reel dan joran. Namun, sebelum membeli reel dan joran, Anda bisa mempertimbangkan panjang, material hingga kenyamanan alat pancing ini saat digunakan nanti.

Selanjutnya pilih senar dengan kualitas terbaik, atau minimal dapat menarik bobot 2,7 hingga 5,4 kg jika Anda akan memancing ikan air tawar.

2. Pemilihan Umpan

Seperti yang Anda ketahui, umpan merupakan salah satu faktor penting saat memancing. Di sini Anda bisa memilih jenis umpan yang sesuai dengan jenis ikan yang ingin Anda pancing.

Beberapa jenis umpan yang biasa digunakan untuk memancing ikan adalah cacing, jangkrik, hingga ikan kecil.

3. Pilih Waktu yang Tepat

Pemilihan waktu memancing juga cukup berpengaruh pada hasil yang akan Anda dapatkan. Dan lagi-lagi, hal ini dapat disesuaikan dengan tempat serta jenis ikan yang ingin Anda pancing.

Oleh sebab itu, agar tidak salah waktu, ada baiknya Anda membuat kalender mancing.

4. Gunakan Teknik Hentak Tarik

Setelah melempar kail dan menunggu hingga umpan termakan ikan, Tarik dan hentakkan joran. Tarik hingga setinggi 45 derajat sembari menggulung senar.

Lakukan teknik ini perlahan dan berulang, dan pastikan masih ada perlawanan dari ikan. Sebab, jika tidak ada lagi perlawanan tandanya ikan sudah terlepas dari kail.

Teknik dan cara memancing agar dapat ikan di atas memang terdengar mudah, tetapi di sini Anda sangat membutuhkan kesabaran dan keuletan.